Blog Section

Cara Menyikat Gigi untuk Pemakai Behel / Kawat Gigi

Cara Menyikat Gigi untuk Pemakai Behel / Kawat Gigi

Menyikat gigi akan menjadi sangat penting bila anda menggunakan behel. Sisa makanan akan menempel pada behel, dan dapat menyebabkan gigi berlubang, infeksi gusi atau bahkan bau mulut. Berikut adalah beberapa informasi mengenai kapan dan bagaimana menyikat gigi pada pemakai behel.

Jenis sikat gigi:

  • Anda dapat menggunakan sikat gigi apapun yang anda sukai, namun sebaiknya memiliki bulu sikat yang halus.
  • Bila memungkinkan, anda dapat juga menggunakan sikat gigi khusus orthodonti yang dapat anda beli di klinik gigi anda. Perbedaannya dengan sikat gigi biasa adalah bentuk penampang sikatnya yang cekung di tengah sehingga mengikuti bentuk kontur behel anda.
    image001
  • Anda juga dapat menggunakan sikat gigi elektrik, namun perlu diingat bahwa kepala sikat harus diganti secara berkala, seperti juga sikat gigi manual.
  • Sikat interdental: sikat yang digunakan untuk membersihkan sela-sela permukaan gigi dibawah kawat gigi
    image003

 

Jenis pasta gigi: semua jenis pasta gigi yang mengandung fluoride diperbolehkan dan sudah cukup untuk membantu membersihkan gigi anda

Frekuensi menggosok gigi:

Sikatlah setidaknya 4-5 kali sehari seperti berikut ini:

–          Setelah bangun tidur, biasanya plak akan menumpuk pada permukaan gigi. Lakukan penyikatan gigi dengan seksama sebelum anda sarapan

–          Setelah sarapan, lakukan penyikatan gigi secara cepat untuk menghilangkan sisa makanan pada gigi geligi

–          Setelah makan siang

–          Setelah makan malam

–          Sebelum tidur, sikatlah dengan seksama, dan bila perlu lakukan flossing (pembersihan sela- sela gigi menggunakan benang gigi atau sikat interdental

 

Cara menyikat gigi

  1. Menggunakan sikat gigi, mulailah menyikat dari sisi kanan atas gigi. Sikatlah pada permukaan gigi di atas dan di bawah behel menggunakan gerakan sirkular
  2. Kemudian, mulailah menyikat bagian depan gigi dan berlanjut ke bagian kiri
  3. Lanjutkan dengan menyikat permukaan gigi bagian dalam dekat langit-langit dan permukaan gigi yang biasa dipergunakan untuk menguyah
  4. Kemudian sikatlah gigi bawah anda, mulai dari sisi kanan, menggunakan gerakan sirkular sikatlah permukaan gigi di bagian atas dan bawah dari behel sampai bersih
  5. Lanjutkan dengan gigi bawah di sisi depan dan kiri
  6. Kemudian sikat bagian dalam gigi geligi bawah dan permukaan gigi yang biasa dipergunakan untuk mengunyah
  7. Selalu ingat untuk tidak hanya menyikat gigi kamu, tapi juga sikatlah dengan lembut gusi dan lidah. Gusi yang tidak dibersihkan akan menjadi terinfeksi, berwarna kemerahan, bengkak dan mudah berdarah. Dengan menjaga gigi dan gusi tetap bersih, kamu akan terhidar dari gigi berlubang, infeksi gusi dan bau mulut, dan perawatan behel juga akan cepat selesai.

image006 image007 image008 image009 image010

 

 

Cara membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi

  1. Masukan benang gigi sehingga berada di dalam kawat gigi dengan ujung satu menghadap atas, ujung yang lain di bawah
  2. Lilitkan ujung benang gigi yang berada di sisi atas dengan jari telunjuk tangan kiri, dan ujung benang gigi di sisi bawah dengan telunjuk tangan kanan.
  3. lewatkan ujung benang gigi yang berada di sisi bawah memasuki sela gigi, sehingga jari telunjuk tangan kanan anda yang memegang benang tersebut berada di bagian dalam rongga mulut.

image011

Cara membersihkan sela gigi menggunakan sikat interdental:

Masukan kepala sikat interdental ke sela-sela antar behel, di bawah kawat gig anda, lakukan gerakan menyikat sehingga permukaan gigi dan behel anda bersih dari plak

image013

 

Bila kamu tidak menyikat gigi dengan baik, maka kamu akan menemukan hal-hal berikut pada rongga mulut kamu:

–          Adanya gambaran merah disepanjang gusi

–          Gusi terlihat bengkak

–          Berdarah pada saat menggosok gigi dan flossing

–          Adanya plak (bercak-bercak putuh) di sekitar behel dan dekat gusi

image016

 

 

Comments (6)

  1. Untuk tahap awal. Saya harus konsultasi dulu kan dok, gigi saya berlubang apa harus dicabut dulu?? Apa sebelum pemasangan behel, harus dibersihkan dulu gigi dari plak2??

    • Halo sis Hesti, terima kasih sudah berkunjung ke website JB Dental
      Menjawab pertanyaan di atas langkah pertama sebelum memulai Perawatan ortodonti/behel adalah berkonsultasi dahulu dengan dokter gigi spesialis ortodonti/ortodontis, kemudian dari pemeriksaan yang Telah dilakukan, ortodontis Akan menentukan apakah ada gigi yang perlu dicabut atau tidak.

      Bila perlu dilakukan pencabutan, biasanya tidak harus dilakukan sebelum pemasangan kawat gigi, Demikian pula Bila ada gigi yang berlubang dan perlu Penambalan, dapat dilakukan dengan berjalannya Perawatan orto (pada saat kontrol bulanan), asalkan posisi lubang tidak mengganggu tempat behel/braces dipasang.

      Sedangkan untuk plak Dan kalkulus/karang gigi Bila ada, sebaiknya dibersihkan dahulu sebelum pemadaman behel karena akan mengganggu perekatan behel pada permukaan gigi.

      Demikian jawaban dari kami, semoga dapat bermanfaat

      Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak kami ya sis 🙂

      BB: D7227227
      WA:0821-2265-3850
      Line:jbdental

      Salam

    • Hai, terimakasih sudah berkunjung ke website JB Dental.
      Kami jawaban pertanyaannya ya pada pada dasarnya ada 3 macam karet yg digunakan dalam Perawatan ortodonti
      – O-ring : yang digunakan untuk menahan kawat gigi di dalam slot bracket/behel
      -power chain : digunakan untuk menarik gigi ke posisi yang diinginkan
      -elastic rubber band: biasanya digunakan untuk menyempurnakan posisi akhir gigi geligi rahang atas terhadap rahang bawah
      Ketiga jenis karet ini harus diganti secara berkala karena dengan adanya berbagai perubahan suhu (panas-dingin) di dalam mulut kita, serta peregangan yang terjadi, maka karet akan menjadi getas dan kehilangan kekuatan untuk menjalankan fungsinya.
      Salah satu tanda karet tersebut menjadi getas adalah adanya perubahan bentuk tersebut.
      Apakah ada pengaruhnya? Ya, ada.
      Bila tidak segera diganti/dilakukan kontrol rutin maka posisi gigi tidak akan bergerak ke arah yg diinginkan.
      Semoga jawaban dari kami dapat membantu 🙂
      Untuk informasi Selanjutnya dapat menghubungi kontak kami di atas ya

      Salam

      • malam dok, saya baru mengenakan kawat gigi 3 hari yang lalu, dan rasanya sangat sakit. bibir atas dan bibir bawah saya kena sariawan, dan saya juga tidak bisa mengunyah karena biji kawat gigi bagian bawah selalu terbentur dengan gigi atas. adakah cara untuk menyembuhkannya? dan berapa lama waktu pemakaian kawat gigi sampe waktu dilepaskan kembali? terima kasih dokter, dan selamat malam.

        • Halo kak,terimakasih sudah berkunjung ke website JB Dental

          Adanya rasa sakit setelah pemasangan behel adalah hal yang wajar karena rasa sakit tersebut disebabkan gigi mulai Bergerak ke posisi yang diinginkan. Terlebih lagi pemakai behel mungkin sedang beradaptasi dengan ‘benda asing’ yang ada di rongga mulutnyaa.

          Untuk mengurangi rasa sakit,anda bisa mengkonsumsi obat pereda rasa sakit/painkiller dengan berkonsultasi sebelumnya ke dokter yang merawat anda.

          Bila terjadi sariawan kemungkinan bisa disebabkan adanya permukaan behel yang menusuk Dan untuk mengatasinya anda bisa menggunakan wax Ortho untuk menutupi bagian menusuk tersebut. Sedangkan untuk obat sariawan, ada banyak obat khusus sariawan yang cara pemakaiannya adalah dengan dioleskan. Anda bisa meminta dokter anda untuk meresepkan.

          Waktu pemakaian kawat gigi/behel bervariasi tergantung dari tiap kasus maloklusi-nya / kelainan posisi giginya Dan juga dari tingkat kerajinan pasien untuk datang kontrol

          Untuk bracket gigi bawah yang terbentur gigi atas untuk mengatasinya dokter anda akan memasang peninggian gigit sehingga pada saat anda mengatupkan kedua rahang, bracket tersebut tidak akan menabrak gigi atas lagi.

          Semoga informasi dari kami dapat membantu ya kak, Dan semoga cepat beradaptasi dengan behelnya.

          Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak kami

          BB: D7227227
          WA:0821-2265-3850
          Line:jbdental

          Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *