Blog Section

Mengapa perawatan merapikan gigi dengan behel sebaiknya dilakukan oleh ortodontis?

Mengapa perawatan merapikan gigi dengan behel sebaiknya dilakukan oleh ortodontis?

Mengapa dalam perawaran merapikan gigi dengan behel sebaiknya dilakukan oleh ortodontis?

 

Sama seperti dalam kedokteran umum, kita mempercayakan perawatan kita kepada dokter spesialis sesuai dengan kondisi tubuh kita yang bermasalah ( dokter spesialis jantung, kandungan, paru,dll) karena kita mempercayai pengetahuan, keahlian dan pengalaman mereka dalam menetapkan diagnosis dan melakukan tindakan sesuai kondisi kita, apalagi dalam kondisi yang menentukan hidup dan mati seseorang. Kita juga mempercayai seorang dokter spesialis mengerti risiko-risiko yang mungkin terjadi dan dapat melihat segala sesuatunya yang kemungkinan tidak disadari oleh dokter umum karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman. Hal demikian juga berlaku dalam kedokteran gigi. Seorang ortodontis akan lebih baik dalam merawat suatu kelainan posisi gigi (maloklusi) dibanding dokter gigi umum karena pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang ortodonti.

Tujuan perawatan ortodonti yang paling utama adalah untuk mendapatkan fungsi yang optimal artinya dengan mendapatkan perawatan ortodonti, fungsi pengunyahan pasien akan menjadi lebih baik, demikian juga dalam fungsi berbicara dan kesehatan gigi dan mulut menjadi lebih baik karena gigi yang rapi dan tidak berjejal akan lebih mudah dibersihkan. Untuk mendapatkan fungsi yang optimal tersebut tidak hanya diperlukan gigi yang rapi (tidak berjejal, tidak renggang dan berjarak antara gigi satu dan lain) tetapi juga diperlukan hubungan yang harmonis antara gigi geligi pada rahang atas dan bawah pada saat kedua rahang dikatupkan.

pasang behel di spesialis ortodontiDari penjelasan singkat di atas mungkin dapat memberikan gambaran bahwa perawatan ortodonti/ behel tidaklah semudah dan sesimpel ‘merapikan gigi’ saja. Karena itu anggapan bahwa perawatan ortodonti adalah perawatan untuk estetika saja adalah anggapan yang salah besar. Tentu saja gigi yang rapi dan hubungannya antara rahang atas dan bawah yang baik akan meningkatkan estetika seseorang karena didapatkan senyuman yang lebih baik dan menarik, namun, perlu diingat bahwa hal ini adalah efek tambahan yang didapatkan dari perawatan ortodonti.

Tujuan perawatan ortodonti/ behel yang utama adalah untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, bukan untuk menunjang penampilan apalagi untuk fashion, karena itu diperlukan pengetahuan, keahlian serta pengalaman yang memadai bagi yang merawat. Perawatan ortodonti yang dilakukan dengan tidak benar dan bukan oleh ortodontis, alih-alih mendapatkan kondisi gigi geligi yang lebih baik, malah memperburuk kondisi yang telah ada sehingga akhirnya harus dirawat ulang.

 

 

 

 

Comments (2)

    • Utk kawatgigi metal dengan dokter spesialis ortodonti khusus senin-rabu ada diskon dari harga normal 8,5jt jadi 6,5 juta bisa dicicil 6 bulan mba..info lebih lanjut bisa hubungi WA 087888070759

      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *