Blog Section

Pada Usia Anak Berapa Sebaiknya Mulai Dilakukan Perawatan Ortodonti?

“Dok, anak saya sudah bisa pakai behel atau belum ya?”

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh orangtua yang mengkhawatirkan kondisi susunan gigi geligi anaknya. Secara umum tidak ada usia yang ‘terbaik’ untuk mendapatkan perawatan ortodonti/behel. Hal ini bervariasi dari anak yang satu terhadap yang lain dan bergantung pada gangguan oklusi (maloklusi) yang terdapat pada tiap anak. Namun yang pasti, pemeriksaan dini oleh dokter spesialis ortodonti sangat dianjurkan untuk melihat apakah ada masalah/kelainan posisi gigi geligi atau tidak.
pada umur berapa sebaiknya dilakukan pemeriksaan/kunjungan pertama ke dokter gigi spesialis  ortodonti?

Pemeriksaan pertama sebaiknya dilakukan pada saat anak berusia antara 7-10tahun. Pada usia ini anak-anak berada pada periode gigi bercampur /mix dentition sehingga ortodontis dapat melihat apakah terdapat kelainan gigitan (maloklusi) yang sedang berkembang.

Seorang ortodontis memiliki ilmu dan pengalaman yang memadai untuk menilai apakah suatu kasus perlu segera dirawat supaya maloklusi yang ada tidak semakin bertambah parah, atau perlu menunggu , atau bahkan tidak perlu dirawat.

 

Apa tanda-tanda anak perlu perawatan ortodonti?

Setiap anak sebaiknya perlu dilakukan peemeriksaan, namun ada beberapa tanda yang menunjukkan seorang anak secara khusus akan diuntungkan dari pemeriksaan dini tersebut, yaitu:

  • hilangnya gigi susu sebelum usia 5 tahun
  • adanya kebiasaan-kebiasaan buruk/ bad habit seperti: mendengkur, bernafas melalui mulut, mengisap jempol
  • gigi depan maju
  • gigi berjejal/ berantakan
  • kesulitan pada saat menggigit atau mengunyah

contoh di atas hanya sedikit dari beberapa tanda anak yang memerlukan perawatan ortodonti. Tentunya perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter gigi spesialis ortodonti mengenai perlu atau tidaknya dilakukan perawatan ortodonti. Tetapi setidaknya dari tanda-tanda di atas dapat menjadi warning bagi anda bila menjumpai hal-hal tersebut pada anak-anak anda ya moms and dads.

 

Apa keuntungan memulai kunjungan atau perawatan ortodonti sejak dini?

Walaupun tidak semua kasus maloklusi perlu dirawat sejak dini, pada beberapa kasus yang memang memerlukan penanganan dengan segera, hal ini sangat menguntungkan dikarenakan:

  • Perawatan ortodonti dini dapat mencegah berkembangnya maloklusi/ gangguan oklusi yang lebih serius di kemudian hari. Perawatan ortodonti dapat membantu mempersiapkan ruangan untuk tumbuhnya gigi permanen/ gigi tetap sehingga dapat tumbuh di posisi yang benar misalnya dengan penggunaan space maintainer.
  • Memanfaatkan fase pertumbuhan anak dalam penanganan suatu kasus relasi rahang yang tidak normal. Misalkan pada kasus rahang bawah yang kurang berkembang, pasien anak-anak dalam masa pertumbuhan dapat diberikan alat myofunctional untuk meningkatkan pertumbuhan rahang bawah.
  • Mencegah trauma emosional misalkan pada kasus gigi depan yang maju atau berantakan. Anak terkadang suka menjadi bahan ejekan teman sepermainannya karena kondisi giginya yang maju atau berantakkan. Walaupun terdengar sepele, kadang hal ini seringkali menimbulkan trauma emosional bagi anak.
  • Mencegah trauma fisik.
  • Lebih mudah menjaga kebersihan gigi geligi /oral hygiene. Gigi yang berjejal cenderung mudah menjadi tempat menumpuknya sisa makanan dan plak yang sulit dibersihkan dengan penyikatan. Gigi yang rapi akan menjadikan proses penyikatan gigi lebih efektif.

 

Melalui penjelasan di atas kita dapat melihat pentingnya pemeriksaan dini anak ke Ortodontis. Jadi, jangan ragu untuk datang dan diperiksa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *