Blog Section

Pembersihan karang gigi / scaling-perlukah? Bagaimana prosedurnya?

Pembersihan karang gigi / scaling-perlukah? Bagaimana prosedurnya?

Screenshot_2015-09-05-21-02-43-1

Apakah anda sudah lama tidak mengecek gigi ke dokter gigi?mungkin sudah saatnya gigi anda melakukan pembersihan karang gigi/ scaling

 

Apakah scaling itu?scaling adalah perawatan yang paling umum untuk mencegah atau mengobati penyakit gusi/ periodontal. Perawatan ini meliputi pembersihan kalkulus/karang gigi dan plak yang menempel pada permukaan gigi, terutama area di sekitar dan di bawah garis gusi.

Mengapa karang gigi ini perlu dibersihkan? Plak adalah substansi lengket penuh bakteri yang terbentuk pada permukaan gigi. Bila tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan mengeras sehingga menjadi kalkulus/ karang gigi yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan penyikatan gigi saja. Tidak seperti permukaan gigi yang halus, permukaan karang gigi kasar sehingga plak yang berisi banyak bakteri mudah menempel. Bakteri-bakteri inilah yang menyebabkan penyakit gusi atau disebut juga gingivitis. Pada gingivitis dapat dijumpai gusi bewarna kemerahan, bengkak dan mudah berdarah. Bila tidak segea diobati dan dilakukan pembersihan karang gigi, maka infeksi akan menyebar ke tulang di bawah gusi menyebabkan kerusakan dan penurunan ketinggian tulang (periodontitis). Penurunan ketinggian gusi dan tulang ini akan menyebabkan gigi terlihat lebih ‘panjang’ karena tereksposnya akar gigi yang harusnya tertutup tulang dan gusi. Pada kasus yang sudah parah bisa menyebabkan gigi goyang dan akhirnya harus dicabut.

 

Screenshot_2015-09-05-21-09-10-1

Bagaimana proses scaling dilakukan?

Dokter gigi biasanya menggunakan instrumen ultrasonik untuk memecah/ melepaskan karang dari permukaan gigi. Instrumen ini juga menyemprotkan air pada saat yang bersamaan untuk membersihkan sisa-sisa karang gigi dan untuk mempertahankan suhu dari area yang dibersihkan.

Kadang kala juga digunakan hand instrument  untuk menghilangkan karang gigi yang ukurannya lebih kecil dan untuk menghaluskan permukaan gigi.

Setelah karang gigi dibersihkan, gigi kemudian di-polish menggunakan brush atau rubber cup dan pasta profilaksis untuk membuat permukaan gigi lebih halus dan mengkilat.

 

 

 

 

Comments (2)

  1. sy 56 thn kondisi gigi sdh parah, banyak yg sdh tangal, skrg 3 gigi sy yg berurutan sdh goyang dan turun. kira2 perawatan/ pengobatan apa yg diperlukan ? Gigi2 sy tanggal dlm keadaan utuh n hampir tdk pernah sakit gigi. Mohon sarannya, terima kasih

    • Hallo Pak Setiady,terimakasih sudah berhubung ke website JB Dental.

      Akan coba kami jawab pertanyaannya ya. Bila gigi tanggal/goyang tanpa ada kerusakan berarti, kemungkinan gigi tersebut tanggal/goyang karena jaringan penyangga gigi (gusi Dan tulang alveolar) mengalami kerusakan.

      Bagaimana hal tersebut bisa terjadi, bisa karena factor lokal ataupun factor sistemik.
      Factor lokal misalkan adanya karang gigi yang menyebabkan infeksi gusi (gingivitis) Dan akhirnya menjalar ke tulang menyebabkan infeksi dan kerusakan tulang yg menyangga gigi (periodontitis). Untuk mencegah hal tersebut terjadi ,dapat dilakukan pembersihan karang gigi/scaling

      Selain hal tersebut,bisa juga kemungkinan lainnya adalah factor sistemik misalkan adanya penyakit diabetes yang tidak terkontrol. Hal ini dikarenakan penderita diabetes rentan terhadap terjadi nya penyakit jaringan periodontal yg dapat menyebabkan kegoyangan gigi. Untuk mencegah hal tersebut ada baiknya memeriksakan diri ke dokter Dan menjaga gula darah tetap terkontrol.

      Semoga jawaban dari kami dapat membantu ya pak
      Terima kasih 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *