Blog Section

Pertolongan Pertama Pada Pengguna Behel

Pertolongan Pertama Pada Pengguna Behel
  • Jika gigi terasa sakit setelah pemasangan behel atau kontrol rutin
    Biasanya wajar bila terjadi ketidaknyamanan selama 3-5 hari pertama. Hal ini disebabkan adanya gaya/ tekanan yang di-aplikasikan pada gigi, dan biasanya rasa sakit akan hilang setelah seminggu atau lebih. Untuk mengurangi rasa sakit, anda dapat mengkonsumsi obat anti sakit seperti asam mefenamat atau ibuprofen. Jika memungkinkan, anda dapat mengkonsumsi obat anti sakit sebelum rasa sakit muncul, dan dilanjutkan setiap beberapa jam. Selama pemasangan awal behel, bibir, pipi dan lidah dapat mengalami iritasi selama 1 sampai 2 minggu. Berkumur dengan air garam hangat dapat mencegah dan mengatasi iritasi tersebut.

    berkumur air garam obat penghilang rasa sakit karena pasang behel
  • Jika sisa makanan stuck di antara gigi dan behel
    Bersihkan dengan sikat gigi, benang gigi/ dental floss atau sikat interdental
  • Jika ujung kawat yang menusuk dan menyebabkan iritasi
    Tempatkan wax ortho yang dapat dibeli di klinik ortodonti anda untuk menutupi area kawat yang menusuk. Jika ujung kawat masih menusuk dan wax ortho tidak membantu mengatasinya, ujung kawat dapat dipotong sementara dengan gunting kuku. Sedangkan untuk membantu penyembuhan iritasi, anda dapat berkumur dengan air garam hangat.

    wax-ortho wax-ortho2 wax-ortho3
  • Jika ujung kawat keluar dari tube / bracket paling ujung

    pinset

    Bila memungkinkan, cobalah masukan kembali kawat tersebut menggunakan pinset/ tweezer.

  • Jika terdapat behel/ bracket yang terlepas dari gigi
    Bila behel terlepas dari gigi namun dalam kondisi masih menempel pada kawat, anda dapat menunggu sampai waktu kontrol anda selanjutnya untuk dapat dipasang kembali oleh ortodontis anda. Bila behel terlepas juga dari kawat, simpanlah behel tersebut dan dibawa pada saat kontrol untuk dapat dipasang kembali.
  • Jika anda menyadari ada celah/ space di antara gigi anda
    Jangan panik, hal ini normal terjadi dan memang diharapkan agar gigi bergerak ke posisi yang diinginkan. Celah ini akan ditutup sempurna di akhir perawatan.
  • Jika gigi terasa goyang
    Jangan kuatir karena hal ini adalah normal karena gigi sedang digerakkan ke posisi yang diinginkan. Gigi akan cekat kembali dan stabil pada posisi akhir yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *