Blog Section

Power Chain Di Seluruh Gigi? Yes Or No?

Power Chain Di Seluruh Gigi? Yes Or No?

“Dok, saya boleh pakai karet yang nyambung (power chain) ga? Saya bosan pakai karet yang satuan (O-ring)”

Pertanyaan atau permintaan semacam ini seringkali dilontarkan pasien pemakai behel kepada dokter spesialis ortodonti/ orthodontist bersangkutan yang merawat. Dapat dimaklumi karena selain ingin giginya rapi dengan memakai behel, pasien juga ingin terlihat trendi saat memakai behel dengan pemakaian karet berwarna. Namun benarkah pasien boleh memilih sesuka hati jenis karet yang dipasang pada behelnya?

Perlu diketahui bahwa o-ring atau powerchain bukanlah sekedar ‘alat’ untuk mempercantik tampilan behel, namun keduanya memiliki fungsi sendiri-sendiri, dan harus dipakai sesuai dengan mempertimbangkan pergerakkan gigi yang diinginkan

Apa sih sebenarnya bahaya pemakaian power chain yang tidak semestinya?

Power chain adalah suatu material berbahan dasar karet elastis berfungsi untuk menahan kawat/archwire di dalam slot bracket/ behel dan untuk menggerakkan gigi atau menutup ruangan yang ada di dalam lengkung gigi. Berbeda dengan karet o-ring yang bersifat pasif atau hanya menahan kawat pada slot bracket, power chain memiliki kekuatan tarikan bila diregangkan sehingga dapat menggerakkan gigi.

Bergantung pada jenis fase perawatan yang sedang dilakukan, pemakaian power chain di seluruh behel pada awal-awal perawatan akan menyebabkan efek “roller coaster”. Efek “Roller Coaster” terjadi ketika power chain dipakaikan di seluruh behel dan digunakan pada saat pasien memakai kawat/ archwire yang kecil dan lentur. Kawat yang kecil dan lentur (biasanya terbuat dari bahan nikel-titanium) tidak memiliki kekuatan untuk tetap kaku ketika suatu gaya tarikan (misalkan: pemakaian power chain) diaplikasikan, sehingga yang terjadi adalah pergerakkan gigi yang tidak diinginkan yaitu gigi geraham besar/ molar miring kearah depan dan menjadi sedikit turun, gigi geraham besar miring ke depan, gigi taring miring ke arah belakang, sedangkan gigi depan miring ke arah belakang dan menjadi turun sehingga menghasilkan gigitan yang dalam/ deepbite. Jadi bila dilihat dari samping, bidang gigitan/occlusal plane gigi pasien terlihat naik turun seperti roller coaster. Untuk mencegah hal ini maka harus dihindari pemakaian power chain/ penarikan gigi pada saat pasien masih memakai kawat kecil dan lentur.

BACA  Prosedur Pemasangan Behel / Kawat Gigi

 

bidang-oklusal-naik-turun

Bidang oklusal naik turun seperti roller coster disertai gigitan dalam pada gigi depan (anterior deep bite) akibat pemakaian power chain yang tidak semestinya

 

Kurangnya informasi yang ada serta persepsi yang salah di masyarakat bahwa behel/ bracket serta karet yang menempel pada bracket hanyalah aksesori untuk fashion menjadikan pasien cenderung melupakan peran Orthodontist/ dokter gigi spesialis ortodonti itu sendiri. Orthodontist adalah seorang dokter gigi yang spesialisasinya adalah melakukan perawatan merapikan gigi. Jadi dalam prakteknya Orthodontist akan menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan tentunya pertama-tama dengan mempertimbangkan kesehatan gigi dan mulut pasien.

Mengapa ditekankan mengenai kesehatan gigi dan mulut? Karena pergerakkan gigi ke posisi tidak semestinya dan gaya tarikan yang terlalu besar dapat menyebabkan kerusakan pada tulang penyangga gigi/ jaringan periodontal, kerusakan mahkota gigi ataupun gangguan pada sendi rahang / sendi temporomandibular.

Tentunya seorang dokter gigi spesialis Ortodonti / Orthodontist memiliki pengetahuan biomekanika yang memadai sehingga mengetahui hal ini akan terjadi apabila powerchain dipakai dengan tidak semestinya.  Karena itu bila pasien meminta untuk memakai power chain dan dokter orto anda menolak, sekarang anda sudah tau penyebabnya yaa. Jadi sebagai kesimpulan, keputusan penggunaan komponen-komponen penggerak gigi dalam pemakaian behel sepenuhnya adalah di tangan dokter orto anda yang merawat, namun anda tetap diperbolehkan untuk memilih warna-warna yang anda inginkan dalam penggunaan karet yang ada.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perawatan ortodonti, silakan hubungi kami:

Call: 0895-33428-7786

WA: 0821-2265-3850

Line: jbdental

Comments (29)

  1. siang dok, gigi saya ada yg sakit dan mau perawatan saluran akar, untuk harganya berapa ya dok??
    selain itu saya juga mau pasang behel dok, untuk jadwal dokter orthonya hari apa ya dok terima kasih dok

    • Hai Kak,Terima Kasih sudah berkunjung ke Website JB Dental
      untuk biaya perwatan saluran akar dan jadwal dokter ortho sudah di email ya kak terima kasih 🙂
      Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak kami ya kak
      BB: D7227227
      WA:0821-2265-3850
      Line:jbdental
      Salam
      JB Dental

  2. Dok, saya ada permasalahan pada gigi, gigi saya berjejal jdi saya ingin pasang behel untuk memperbaikin gigi saya yang berjejal, bisa di infokan dok price list untuk pemasangan behel terima kasih

    • Hai Kak,Terima Kasih sudah berkunjung ke Website JB Dental
      Price listnya sdah di email ya kak terima kasih 🙂
      Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi kontak kami ya kak
      BB: D7227227
      WA:0821-2265-3850
      Line:jbdental
      Salam
      JB Dental

  3. dok sya ingin tanya gigi saya gk Rata dan saya pke behel yg bukan prawatan apa saya bisa pke karet power chain/? kta orgnya sh pke karet itu bisa mratakan gigi

    • Halo kak Mila, terimakasih sudah berkunjung ke website JB Dental Clinic.

      Sebagai ortodontis yang mengasuh tanya jawab di website ini, saya masih bingung dengan istilah “behel bukan perawatan” itu apa? Karena pada dasarnya perawatan ortodonti menggunakan behel/braces pada dasarnya adalah untuk merawat dan mengembalikan fungsi gigi geligi sehingga dapat berfungsi dengan baik. TIDAK ADA istilah behel fashion atau lainnya. Bila behel dipakai tidak untuk alasan perawatan dan tidak dijalankan oleh seseorang dengan kompetensi yang sesuai maka bersifat malpraktek.
      Tugas kami sebagai penyedia jasa perawatan untuk mengedukasi anda dan para pembaca sekalian akan pentingnya hal ini.
      Silakan baca artikel-artikel kami dibawah ini untuk menambah wawasan.

      http://jb-dental.com/mengapa-dalam-melakukan-perawatan-ortodonti-sebaiknya-dilakukan-oleh-ortodontis/

      Artikel mengenai fungsi dan tujuan perawatan ortodonti

      http://www.toothsignature.com/fungsi-dan-tujuan-perawatan-ortodonti/

      Demikian jawaban dari kami semoga dapat membantu

    • halo kak devi terima kasih sudah berkunjung di web jb dental, untuk biaya pembersihan karang gigi sudah di email ya terima kasih 🙂

    • halo kak Cyn terima kasih sudah berkunjung di web jb dental, untuk informasi biaya perawatan saluran akar sudah di email ya terima kasih 🙂

    • Halo kak ,terima kasih sudah berkunjung ke website JB Dental.

      untuk Price list pemasangan behel, tambal dan scalling sudah di email ya, terimakasih 🙂

  4. selamat pagi, mau konsult bisa?
    jadi kasus saya, saya sudah menggunakan model crown, ingin beralih ke implan. perlu operasi kecil lagi kah? dan untuk biayanya berapa ya?
    trims

    • Halo kak Oktafiani,
      Untuk implant gigi memang memerlukan prosedur operasi kecil kak untuk “penempatan” implant tersebut ke tulang alveolar.

      Untuk biaya implant gigi dengan dokter gigi spesialis periodonti:

      Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat
      Untuk informasi lebih lanjut dan appointment bisa hubungi kontak berikut:

      WA :0821-2265-3850
      Call: 0895334287786
      Line : jbdental

  5. Gigi geraham sebalah kiri saya atas maupun bawah sepertinya sudah parah dok, dan saya tidak mau dicabut, gusi selalu benjol, apa bisa dilakukan RCT?
    kalau bisa berapa biayanya dok sampai gigi saya normal kembali?
    terimakasih.

    • Halo kak Deny, terimakasih sudah berkunjung ke website JB Dental Clinic

      Gigi yang sudah bolong kemudian ada ‘benjolan’ di gusi kemungkinan sudah ada infeksi di dalam akar gigi dan kemudian menyebar sampai ke tulang penyangga gigi sehingga akhirnya produksi infeksi berupa pus/ nanah mencoba keluar melalui gusi sehingga membentuk benjolan.

      Untuk dapat dilakukan root canal treatment ada beberapa pertimbangan.sebelumnya perlu dilakukan rontgen dental terlebih dahulu untuk dapat melihat kondisi gigi dengan lebih jelas.
      Ada baiknya anda segera bertemu dan mengkonsultasikan dengan dokter kami ya

  6. halo dok, mau tanya
    1) stlh gigi rapi dan sblm kawat di lepas biasa kan di iket pakai karet ya? itu biasanya brp bulan ya? dan apa masih harus kontrol tiap bulan untuk ganti karetnya?
    2) lalu fungsinya di iket itu apa ya? hanya untuk mengurangi lama pemakaian retainer atau juga untuk merapatkan sela2 antar rongga gigi yang mungkin ada celah kecil biar lebih rapi

    trimakasih

    • Halo kak,terimakasih sudah berkunjung ke website JB Dental Clinic.

      Setelah tujuan perawatan ortodonti tercapai (sudah selesai tahap finishing) biasanya ortodontis (dokter spesialis ortodonti) akan langsung menyarankan untuk melepas behel yang ada untuk kemudian dilanjutkan fase retensi/ pemakaian retainer. Kalaupun karena satu dan lain hal (misalkan atas permintaan pasien behel belum akan segera dilepas, ortodontis umumnya tidak memberikan force/ gaya ke gigi karena tidak ingin ada pergerakan gigi lagi yang tidak diharapkan. Jadi hanya dilakukan pengikatan/ ligasi yang sifat nya pasif/ menahan posisi gigi saja dan biasanya pengikatan tidak dengan karet/ power chain yg sifatnya aktif menggerakkan gigi.

      Demikian jawaban dari kami semoga dapat membantu ya
      Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi hubungi:
      WA :0821-2265-3850
      Call: 089655080505
      Line : jbdental

    • hallo kak hanif, sebelumnya terima kasih ya sudah berkunjung di web kami
      jawaban nya sudah kami email ya kak. terima kasih

  7. Halo doc
    Mau tanya, saya pasang kawat gigi krn rahang atas saya agak maju, tapi dokter yg merawat tdk menyarankan ada gigi yg dicabut, pertanyaannya :
    1. Apakah bs tanpa dicabut gigi nya posisi rahang akan mundur sedangkan gigi atas tdk ada celah sama sekali
    2.apakah pasang behel di dokter gigi biasa bisa doc?

    Terimakasi

  8. Halo dok, saya sudah pasang behel dan sudah rapih tapi gigi di rahang bawah itu jumlahnya tidak sama antara ruas samping kanan dengan kiri nya, sehingga gigi saya antara rahang atas dan bawah tidak terlihat estetis apabila sedang mengigit, sebaiknya gimana ya dok solusinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *