Blog Section

Perawatan Ortodonti: Kasus Gigi Depan Maju, Sehingga Bibir Tidak Dapat Menutup Sempurna

Perawatan Ortodonti: Kasus Gigi Depan Maju, Sehingga Bibir Tidak Dapat Menutup Sempurna

Berikut adalah kasus yang telah ditangani JB-dental dengan sukses. Salah satu pasien kami mengalami keluhan dimana mulutnya tidak dapat menutup sama sekali karena giginya terlalu maju ke depan. Akibatnya pasien merasa kurang percaya diri dengan kondisi tersebut. Hal ini juga yang menyebabkan susah menggigit makanan serta sulit mengucapkan beberapa kata.

Beruntungnya pasien tersebut menghubungi klinik gigi JB-dental segera dan melakukan perawatan ortodonti di kami.

before-after gigi depan maju & mulut tidak dapat menutup

Kita lihat di foto diatas, setelah kami melakukan perawatan ortodonti kepada pasien, gigi depan pasien sudah kembali ke posisi normal. Sebagai hasilnya pasien bisa menutup mulut kembali, pengucapan kata-kata juga sudah lancar, selain itu sudah bisa menggigit dan memotong makanan menggunakan gigi depan dan terutama pasien merasa lebih percaya diri dengan penampilan barunya.

Gigi maju ke depan yang sering dikatakan Tonggos, tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga secara fungsional dari penderitanya. Mengapa demikian? Karena gigi depan yang maju bisa menyebabkan hal-hal seperti:

 

  1. Resiko tinggi terjadi benturan pada gigi depan akibat olahraga / kecelakaan.
  2. Gap yang besar antara gigi depan yang atas dan bawah membuat pasien kesulitan mengucapkan beberapa huruf seperti S,R,T,V.
  3. Kesulitan menggigit dan memotong makanan menggunakan gigi depan, akibat gap jarak yang terlalu besar.

Perawatan andalan yang hampir selalu dilakukan untuk gigi tonggos adalah penggunaan behel. Dalam perawatan ortodonti ini, kadang-kadang perlu dilakukan pencabutan gigi. Tujuannya adalah mendapatkan ruang yang cukup sehingga gigi depan dapat diposisikan ke belakang secara bertahap dengan bantuan behel.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak selalu dilakukan pencabutan. Opsi lain yang mungkin disarankan dokter gigi adalah menggunakan mini screw atau mini implant, ataupun menggunakan praktek slicing.

Perawatan mana yang paling tepat?
Saran saya, selalu konsultasikan permasalahan ini dengan dokter gigi spesialis ortodonti. Di klinik JB Dental, setiap kasus akan dipelajari terlebih dulu. Dengan menggunakan model cetakan gigi ataupun foto rontgen panoramik dan sefalometri, analisa akan dilakukan oleh dokter spesialis ortodonti kami untuk mempertimbangkan perawatan yang paling tepat dalam menangani keluhan gigi kamu.

Jangan ragu lagi, segera lakukan perawatan gigi tonggos di JB Dental

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *