Blog Section

Apakah Terlalu Tua Untuk Mulai Melakukan Perawatan Kawat Gigi?

Dewasa ini semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan perawatan kawat gigi. Selain menambah kepercayaan diri, sudah banyak orang yang aware bahwa perawatan merapihkan gigi dapat memperbaiki fungsi pengunyahan sehingga seseorang dapat mengunyah makanan dan berbicara dengan nyaman. 

smile-woman

Kebanyakan orang menganggap bahwa menggunakan behel atau kawat gigi hanya dilakukan saat remaja. Apakah orang dewasa sampai usia lanjut dapat menggunakan kawat gigi? Jawabannya adalah iya, orang dewasa pun dapat memakai kawat gigi bahkan di usia lanjut (lansia). Faktanya, satu dari 3 pasien Orthodontis (dokter spesialis perawatan kawat gigi) adalah pasien usia dewasa. Pada dasarnya, usia tidak menjadi masalah dan tidak menjadi batasan seseorang untuk memulai perawatan kawat gigi karena gigi masih dapat bergerak seumur hidup. Namun yang menjadi perhatian adalah dalam hal lamanya perawatan kawat gigi dan kondisi gigi dan tulang penyangga gigi yang menentukan apakah anda masih bisa melakukan perawatan kawat gigi atau tidak.

Jika seseorang sudah dewasa dan ingin menggunakan kawat gigi, durasi pemakaian kemungkinan besar akan lebih lama dibandingkan dengan anak-anak atau remaja yang melakukan perawatan kawat gigi. Hal ini karena orang dewasa memiliki jaringan tulang yang lebih padat, sehingga pada usia lanjut yang perlu diperhatikan adalah kondisi tulang yang menopang giginya. 

Adanya peradangan gusi sampai gigi goyang, gigi berlubang, gusi bengkak harus diperbaiki dan dilakukan perawatan terlebih dahulu sebelum perawatan kawat gigi. Dokter gigi spesialis kawat gigi (Orthodontis) akan bekerjasama dengan spesialis bedah mulut, periodontis sampai endodontis jika ada masalah gigi dan tulang sebelum akan dilakukan perawatan kawat gigi. Jika perawatan kawat gigi sudah dimulai, komitmen pasien dalam menjaga kebersihan gigi dan mulutnya pun menjadi faktor yang menentukan keberhasilan dalam perawatan kawat gigi.

BACA  Mau Pasang Behel? Pertimbangkan Hal-Hal Ini Dulu Ya

Sebagai informasi tambahan, pada pasien dewasa dapat dijumpai penyakit- penyakit sistemik seperti diabetes melitus dan lain-nya. Hal ini bukan menjadi penghalang atau kontra indikasi untuk dilakukan perawatan kawat gigi selama penyakit tersebut terkontrol dengan baik. Pastikan untuk memberi tahu orthodontist anda mengenai kondisi anda serta obat-obatan yang sedang dikonsumsi ya.

Gigi dapat bergerak saat ada tekanan yang diberikan oleh kawat gigi. Ada berbagai jenis kawat gigi yang bisa digunakan, dari jenis metal, ceramic (sewarna dengan gigi), sampai aligner, yang dapat menjadi pilihan oleh pasien. Konsultasilah dengan Orthodontis anda untuk mendapatkan pilihan perawatan kawat gigi yang terbaik. Terlepas berapapun usia anda, jangan ragu untuk memasang kawat gigi agar mendapatkan gigi yang sehat dan senyum yang sempurna.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *