Blog Section

Mengapa Gusi Bewarna Kehitaman? Apa itu Gum Depigmentation?

Gusi adalah bagian dari mulut yang terlihat saat tersenyum. Gusi yang berwarna merah muda merupakan salah satu ciri gusi yang sehat. Namun, warna gusi pada setiap orang bisa berbeda. Kondisi ini disebabkan oleh adanya faktor dari dalam tubuh (endogen) atau luar tubuh (eksogen) dan fisiologis (normal) atau patologis (berhubungan dengan penyakit tertentu). Faktor dari dalam tubuh salah satunya adalah genetik, tergantung pada produksi melanin atau melanosit dalam tubuh. Biasanya gusi yang berwarna lebih gelap ditemukan pada etnis Afrika atau Timur Tengah. Faktor lainnya yaitu tanda adanya penyakit tertentu, kebiasaan dan gaya hidup, seperti merokok, efek samping obat rutin, Riwayat infeksi atau cedera pada gusi, adanya gangguan pembuluh darah, gangguan hormon atau paparan logam dalam jangka waktu yang lama. Sehingga ada orang yang warna gusi nya lebih gelap seperti cokelat muda, cokelat tua, bahkan kehitaman. Hal ini yang membuat banyak orang kurang percaya diri saat tersenyum. Kondisi gusi yang seperti ini dinamakan hiperpigmentasi gusi.
gusi hitam

 

Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi hiperpigmentasi gusi ini? 

Kondisi gusi yang warnanya sudah berubah dapat diatasi dengan tindakan medis yang dinamakan gum depigmentation. Ada beberapa prosedur dalam gum depigmentation ini, yaitu dengan electrosurgery, cryosurgery, gingival graft, teknik bedah dengan scalpel, teknik laser.

Perawatan gum depigmentation yang biasa digunakan yaitu dengan metode laser dan scalpel. Keduanya sama-sama menghilangkan lapisan terluar dari gusi yang memiliki jumlah melanin lebih banyak namun metode ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode laser lebih banyak disukai karena cepat, lebih tidak sakit dan tidak menimbulkan perdarahan jika dibandingkan dengan metode scalpel. Namun, metode scalpel ini memiliki waktu penyembuhan yang lebih cepat.

Dalam melakukan prosedur gum depigmentation, pasien akan dilakukan penyuntikan terlebih dahulu secara local pada area yang akan dilakukan tindakan. Tindakan akan memakan waktu 20-45 menit tergantung dari ukuran gelapnya warna gusi. Jika gusi yang kehitaman disebabkan karena merokok, sebisa mungkin pasien disarankan untuk tidak merokok lagi agar hasil perawatan lebih maksimal.

Ketika perawatan gum depigmentation selesai dan warna gusi sudah lebih cerah seperti gusi sehat kembali, pasien dapat melakukan pemutihan gigi agar efek yang dihasilkan lebih optimal dan senyum lebih percaya diri.

Di klinik JB Dental Bekasi kami sudah berpengalaman melakukan treatment Gum Depigmentation ini pada banyak pasien. Untuk memastikan pilihan perawatan yang tepat dengan kondisi pasien, silakan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter gigi kami.

BACA  Perawatan Gigi Pada Ibu Hamil, Amankah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *